KOMUNITAS SENI HB12

Komunitas Seni HB12 merupakan sebuah wadah bagi para seniman yang sudah diakui oleh Kecamatan Ngraho. HB12 merupakan singkatan dari Haninandaaken Biwara, kemudian angka 12 adalah menunjukkan angka tahun berdirinya komunitas tersebut yaitu tahun 2012 dan juga merupakan angka yang menunjukkan para perintis berdirinya komunitas tersebut sebanyak 12 orang.
Dalam kegiatannya, Komunitas Seni HB12 mengelola para penggiat seni panatacara (MC manten) dan suba manggala (cucuklampah). Mereka melayani setiap ada permintaan jasa MC pada setiap acara meskipun bukan acara mantenan. Bahkan akhir-akhir ini dari kreatifitasnya Komunitas Seni HB12 sudah membentuk sebuah grup fragmen yang diberi nama Fragmen Jampi Stress yang dipelopori oleh MC senior Hadi Suwoto

Melalui sebuah pendekatan Komunitas Seni HB12 sudah memiliki ijin dan terdaftar di Muspika Kecamatan Ngraho. Arif (Ki Arif Witjaksono) adalah salah satu dari anggota komunitas tersebut yg merupakan bagian dari pemerintahan berinisiatif untuk mengadakan latihan "ngemsi" di pendopo Kecamatan Ngraho setiap satu minggu satu kali.


Maka tidak heran kalau semua anggota tampil di setiap even yang diadakan di wilayah kecamatan Ngraho. Bahkan dari para anggotanya tersebut banyak perias manten dari luar kecamatan Ngraho yang membutuhkan jasa MC.


Bahkan sebenarnya ketika setiap even yang diadakan oleh pemerintah di Kecamatan Ngraho, tidak perlu lagi mengambil MC dari Bojonegoro kota, karena Ngraho sebenarnya adalah "gudangnya" MC.
Hanya saja sampai saat ini Komunitas Seni HB12 belum mendapat "sentuhan" dari pemerintah.

Comments

Popular posts from this blog

PEMBANGUNAN EMBUNG GUNUNGSARI JILID II

Kesenian Islami Jedoran

PAVINGISASI JALAN POROS